Jurus Ampuh Menjadikan Guru Hebat
Jurus Ampuh Menjadikan Guru Hebat
Prof.Dr.M.Jufri, M.Psi meracik 11 jurus ampuh menjadikan guru hebat, tiga diantaranya:
1. Ubah frame berfikir anda: pembelajaran bukan tentang bagaimana guru mengajar tapi bagaimana siswa belajar
2. Jangan hanya pelajari materi ajar tetapi pelajari pula anak didik anda,
3. Sampaikan tidak hanya dengan lisan tapi gunakan seluruh anggota tubuh untuk berkomunikasi,
Tiga berikutnya dari sebelas jurus
"menghebatkan guru menghantar generasi milenia"
Ala sang begawan pendidik, Prof.Dr.M. Jufri, M.Psi:
4. Tunjukkan betapa mereka butuh belajar dan selalu ingatkan pentingnya belajar
5. Pastikan anda sudah mengaktifkan potensi VAK (visual, auditori, kinestetik) semua siswa
6. “Hukum durasi 20 menit” (sesuai penelitian siswa hanya mampu bertahan konsentrasi 20 menit, maka variasikan kegiatan setiap 20 menit)
7. Lakukan dialog bukan monolog,
8. Ajukan pertanyaan yg tepat kepada siswa
9. Tularkan emosi positif dan sikap optimis di depan siswa
10. Bimbinglah anak belajar dengan cara belajar mereka sendiri. (Bukan anak tidak mau belajar tapi anak belum menemukan cara belajar yang sesuai untuknya)
11. Tampillah menarik di depan siswa. Tidak hanya dalam pakaian saja tetapi dengan menampilkan kepribadian yang menarik agar siswa tertarik dengan Pembelajaran yang anda sajikan.
Selamat menghebatkan diri Bapak/Ibu Guru
Sumber: Tim Pengembangan Kurikulum
Prof.Dr.M.Jufri, M.Psi meracik 11 jurus ampuh menjadikan guru hebat, tiga diantaranya:
1. Ubah frame berfikir anda: pembelajaran bukan tentang bagaimana guru mengajar tapi bagaimana siswa belajar
2. Jangan hanya pelajari materi ajar tetapi pelajari pula anak didik anda,
3. Sampaikan tidak hanya dengan lisan tapi gunakan seluruh anggota tubuh untuk berkomunikasi,
Tiga berikutnya dari sebelas jurus
"menghebatkan guru menghantar generasi milenia"
Ala sang begawan pendidik, Prof.Dr.M. Jufri, M.Psi:
4. Tunjukkan betapa mereka butuh belajar dan selalu ingatkan pentingnya belajar
5. Pastikan anda sudah mengaktifkan potensi VAK (visual, auditori, kinestetik) semua siswa
6. “Hukum durasi 20 menit” (sesuai penelitian siswa hanya mampu bertahan konsentrasi 20 menit, maka variasikan kegiatan setiap 20 menit)
7. Lakukan dialog bukan monolog,
8. Ajukan pertanyaan yg tepat kepada siswa
9. Tularkan emosi positif dan sikap optimis di depan siswa
10. Bimbinglah anak belajar dengan cara belajar mereka sendiri. (Bukan anak tidak mau belajar tapi anak belum menemukan cara belajar yang sesuai untuknya)
11. Tampillah menarik di depan siswa. Tidak hanya dalam pakaian saja tetapi dengan menampilkan kepribadian yang menarik agar siswa tertarik dengan Pembelajaran yang anda sajikan.
Selamat menghebatkan diri Bapak/Ibu Guru
Sumber: Tim Pengembangan Kurikulum
Komentar
Posting Komentar